Sabtu, 19 Juni 2021

Jl. Hayam Wuruk No.5 Probolinggo 67217
(0335) 427272/ (0335) 422245
pdam.probolinggokota@yahoo.co.id

Jenis Pelayanan

Jenis – Jenis Pelayanan

            Jenis – jenis pelayan publik di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Probolinggo meliputi :

  • Pelayanan sambungan baru
  • Pelayanan pembayaran rekening air
  • Pelayanan Pengaduan

1. Pelayanan pengaduan rekening

2. Pelayanan pengaduan perbaikan kebocoran pipa

3. Pelayanan pengaduan meter air

  • Pelayanan Cabut / sambung kembali

 

    A.  Pelayanan Permohonan Sambungan Baru

          1. Persyaratan Pelayanan

      a.   Foto copy KTP 1 lembar

      b.   Mengisi formulir pendaftaran

                     c.   Membayar biaya pemasangan sambungan baru

           2. Biaya / Tarif

                Biaya pasang baru standar Rp 822.000,- dengan rincian sebagai berikut:

                         1. Biaya pendaftaran : Rp22.000,-

                         2. Biaya pasang baru : Rp 800.000,-

                 Pembayaran  uang muka minimal 50% dari biaya pasang baru

                 dan sisanya bisa diangsur 5 (lima) bulan.

           3. Mekanisme Procedure

                               

           2. Jangka waktu pemasangan

Jangka waktu penyelesaian mulai dari proses pembayaran

sampai dengan pelaksanaan pemasangan 1 (satu) hari.

    B.  Pelayanan Pembayaran Rekening

1. Persyaratan Pelayanan

Membawa rekening bulan lalu atau menyampaikan nomor Sambungan air ( SA ) atau Kartu Identitas Pelanggan

2. Biaya / Tarif

Biaya pembayaran rekening air berdasarkan dari hasil pembacaan meter setiap bulan.

3. Mekanisme / Procedure

4. Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu pelayanan pembayaran rekening air minum membutuhkan waktu 3 – 5 menit

    C.  Pelayanan Pengaduan

C.1  Pelayanan Pengaduan Rekening.

    1.  Persyaratan Pelayanan

Pelanggan datang ke kantor PDAM membawa rekening air (No SA)  atau kartu pelanggan

    2.  Biaya & Tarif

Untuk mendapatkan pelayanan pengaduan tidak dipungut biaya

    3.  Mekanisme Procedure

    4.  Jangka Waktu Penyelesaian

Jangka waktu penyelesaian pelayanan pengaduan  1- 3 jam

C.2  Pelayanan Pengaduan Kebocoran Pipa.

    1.  Persyaratan Pelayanan

Pemohon datang ke kantor PDAM Kota Probolinggo atau melalui telepon 427272.

    2.  Biaya & Tarif

  • Perbaikan kebocoran pada pipa dinas, tidak dikenakan biaya.
  • Perbaikan kebocoran pada pipa setelah meter air (instalasi dalam), pengenaan biaya didasarkan pada kondisi kerusakan dan kebutuhan peralatan yang menjadi tanggung jawab pemohon.

    3.  Mekanisme Procedure

    4.  Jangka Waktu Penyelesaian

Waktu yang dibutuhkan 1 hari

C.3  Pelayanan Pengaduan Meter Air.

    1.  Persyaratan Pelayanan

Pemohon datang ke kantor PDAM Kota Probolinggo membawa kartu pelanggan atau melalui telepon 427272

    2.  Biaya & Tarif

  •  Perbaikan /penggantian meter air karena umur ekonomis tidak dipungut biaya
  •  Penggantian meter air karena rusak disengaja atau hilang dikenakan biaya penggantian meter air diameter ½ dim sebesar Rp 165.000,- (seratus enam  puluh lima ribu rupiah)

    3.  Mekanisme Procedure

    4.  Jangka Waktu Penyelesaian

Waktu yang dibutuhkan 1 hari

C.4  Pelayanan Cabut & Sambung Kembali.

    1.  Persyaratan Pelayanan

  • Pelanggan datang ke kantor PDAM Kota Probolinggo pada bagian Hubungan Pelanggan, dengan membawa rekening air
  • semua tunggakan dan biaya Sambung Kembali pada petugas Loket Pusat Jl. Hayam Wuruk No. 5  Kota Probolinggo.

    2.  Biaya & Tarif

  • Biaya sambung kembali pelanggan cabut kurang dari 6 ( enam ) bulan sebesar Rp 6.500,- (enam ribu lima ratus rupiah)
  • Biaya sambung kembali pelanggan cabut yang lebih dari 6 ( enam ) bulan sebesar Rp 15.000 (lima belas ribu rupiah)
  • Biaya sambung kembali pelanggan cabut lebih dari 1 ( satu ) tahun dikenakan biaya administrasi pasang baru sesuai yang berlaku pada saat itu

    3.  Mekanisme Procedure

    4.  Jangka Waktu Penyelesaian

Waktu yang dibutuhkan 1 hari.